WISATA KOTA TUA JAKARTA (Bag.2)

Masjid Angke
Masjid Angke terletak di Jakarta Barat dan mudah dicapai oleh minibus dari Museum Fatahillah Kota atau dari stasiun beos kota. Ia adalah satu-satunya masjid di Jakarta yang masih bertahan. Bangunan masjid ini ada dua lantai, yang bercirikan khas arsitektur Jawa.
Mesjid Angke yang sekarang terkenal dengan nama Masjid Al-Anwar sangat erat kaitannya dengan orang-orang Cina yang ada di Batavia (sekarang Jakarta).
 masjid angke jakarta



Masjid Luar Batang
Lokasinya berada di Jalan Luar Batang I, Kampung Luar Batang, Jakarta Utara. Banyak orang Jawa yang tinggal disini, makanya dalam peta yang dibuat Van Der Parra tahun 1780 lokasi disebut Javasche Kwartier, namun setelah itu orang lebih mengenalnya Luar Batang. Usut punya usut, orang pada saat itu jika ke lokasi ini berarti ke luar kota dan harus melewati tanda batas dalam bentuk batang, tidak dijelaskan batang apa. Maka kemudian dikenalkan dengan sebutan Luar Batang hingga kini.
di teras masjid luar batang




Gereja Sion

 tampak depan gereja sion

Gereja ini terletak tak jauh dari Stasiun Kereta Api Jakarta, tepatnya di Jalan Pangeran Jayakarta, Jakarta Barat dibangun tahun 1693. Gereja Portugis ini dibangun pada tahun 1693, disebut De Nieuwe Potugeesche Buitenkerk (The New Gereja Portugis di luar benteng). Gereja ini resmi dibuka pada tanggal 23 Oktober 1695 dan didanai secara bersama oleh Portugis dan Pemerintah Belanda VOC. Gereja ini yang kemudian dikenal sebagai Gereja Sion, Khotbah pertama disampaikan oleh seorang imam bernama Theodorus Zas dan dihadiri oleh Gubernur Jenderal Van Outhoorn. Gereja Sion adalah yang khas Portugis dengan kubah jendela, dan grand mimbar, kursi yang megah. Yang diukir indah lembar mebel adorn gereja yang dibuat oleh pengrajin dari Formosa (Taiwan).
 
Gereja ini merupakan salah satu gereja yang tertua di daerah jakarta. Gereja tertua di Jakarta ini dibangun pada tahun 1693 dengan arsitek Ewout Verhagen. Dari luar, sepintas tak terlihat sesuatu yang istimewa dari Gereja Sion. Namun, jendela lengkung antik dengan tinggi lebih kurang tiga meter dan pintu- pintu gerbang gereja dengan tiang antik, yang menopang segitiga (fronton) gaya Yunani, membuat gereja ini istimewa.

Bentuk bangunan yang segiempat memiliki ruang tambahan yang juga berbentuk segiempat tempat dewan gereja berkumpul (konsistori). Di pintu barat gereja terdapat 11 makam yang nisannya dipasang horizontal. 
 
 Gereja Sion

Toko Merah
Di Jalan Kali Besar Barat Jakarta Barat, di masa VOC merupakan pusat kota Batavia, terdapat sebuah gedung yang hampir seluruh bagian depannya berwarna merah. Toko Merah nama gedung itu, kini masih tetap berdiri kokoh meskipun telah berusia tiga abad. Sejumlah gubernur jenderal VOC pernah mendiami gedung ini, yang kala itu terletak di tengah kota Batavia berbenteng.


Gustaf Baron van Imhoff membangun gedung berlantai dua itu pada 1730. Gedung itu telah menyaksikan berbagai peristiwa penting, yang dialami kota Batavia. Setidak-tidaknya di depan gedung yang mengalir sungai Groote Rivier ( Kali Besar ) itu perna terjadi suatu kerusuhan besar ketika terjadi pembantaian terhadap orang-orang Tionghoa.


foto bersama di belakang toko merah

Sumber :

4 Komentar:

Dr. Davon Jacobson, Md on 27 Agustus 2009 02.03 mengatakan...

I honestly love this website. Your posts help to remind me why I love traveling on vacation soo much. You seem to really love your site. Aside from my medical practice, I love keeping up with the latest travel tips online. Keep up the great work and please visit by my health blog sometime. I would appreciate it. The url is http://healthy-nutrition-facts.blogspot.com

Dessy Eka Pratiwi on 13 Oktober 2009 15.05 mengatakan...

seru banget deh wisata ke kota tua, banyak banget yang bisa kita lihat dari peradaban jakarta tempo dulu, dan seharusnya Kebudayaan dan Alam Indonesia, apalagi Kota tua harus kita lestarikan, jaga dan kelola dengan baik, agar dapat nikmati terus

Anonim mengatakan...

Apaan nih? cuma gini doank isinya???

wisata museum on 25 Januari 2010 10.03 mengatakan...

pas kemarin ke jakarta gak mampir sini
nyesel...

Poskan Komentar

MY OTHERS BLOG

CHAT ROOM

SAHABAT WISATA

Copyright © 2008-2013 AYO BERWISATA Site | Powered by Blogger | Designed by Subhan Apriyatna