Kuliner Daerah Jakarta : Part 1

Pisa Cafe, Menteng
Lokasi halamannya nyaman buat hang out, kalau tidak hujan. Menu utamanya es krim beragam rasa. Mulai dari stroberi sampai mint dan karamel. Harganya bervariasi mulai dari Rp17 ribuan untuk jenis cone. Menu lain berupa makanan khas Italia seperti spageti dan lasagna.

Balemang Boheme Club, Wijaya, Jakarta Selatan
Tempat hang out para party goers (penggila pesta) di selatan Jakarta ini buka hingga pukul tiga pagi pada akhir pekan. Sebagai teman kongkow, mereka menyediakan beragam menu yang relatif tidak murah. Kadang-kadang tempat ini digunakan sebagai tempat peragaan busana.

Oh La La, MH Thamrin, Jakarta Pusat
Kedai kopi yang satu gedung dengan Jakarta Theatre ini buka 24 jam. Di sekitar lokasi ini juga terdapat Starbuck dan McDonalds Sarinah dengan denyut kehidupan yang tak pernah mati.

Warung Strawberry, Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat
Beberapa menu seperti serabi beragam rasa, seperti cokelat susu, pisang hingga telur, sosis dan vla stroberi menjadi teman ngobrol hingga pukul 11 malam. Mereka menjual beragam minuman dengan campuran stroberi yang masing-masing diberi nama 'I Love You' dalam berbagai bahasa. Pada setiap meja disediakan congklak dan aneka majalah.

Scoops, Barito, Jakarta Selatan
Kedai kopi ini banyak dipenuhi remaja usia sekolah yang nongkrong hingga pukul tiga pagi pada akhir pekan. Spot favorit kedai kopi ini terletak di lantai dua yang nyaman buat ngobrol. Menu utamanya kopi Italia yang dilengkapi marbel cheese cake.

Parisian Pizza, Casablanca, Jakarta Selatan
Sofa berwarna-warni yang empuk memang mendukung suasana ngobrol yang nyaman. Di hari minggu, tempat ini penuh dengan keluarga. Tapi, pada malam akhir pekan, tempat ini adalah spot pas untuk cuci mata selain menikmati beragam jenis pizza berharga mulai Rp10 ribuan.

Roti Bakar Edi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Tempat nongkrong yang satu ini memang ngetop banget di antara anak gaul yang butuh tempat kongkow asyik malam minggu. Menu utama masih roti bakar tapi tersedia menu berat lain mulai dari nasi goreng dan ayam bakar.

Pusat Jajanan Pancoran, Kalibata, Jakarta Selatan
Tempat nongkrong yang satu ini memang sangat beda di antara tempat nongkrong lainnya. di sini Lo2 pada bisa milih makanan apa aja yang Lo mau dengan harga kantong mahasiswa. tempatnya juga sangat strategis yakni di sebelah kampus STEKPI school of business and management, Jakarta.

Warung Makan Warmo
Tempat makan yang satu ini paling beda daripada yang lain. karena warung makan ini klo di lihat sepintas kaya warteg tapi yang makan anak2 nongkrong jakarta sampe-sampe artis juga banyak yang makan dan kongkow2 disini.

GADING FOOD CITY
Lokasi: Jl. Kelapa Gading Boulevard, pas di sebelah Mal Kelapa Gading
Menu andalan: Seafood dong!
Budget: 30.000 - 40.000 perak per orang, pasti kenyang!
Nih tempat emang pantes disebut surga jajanan di wilayah Jakarta Utara. Lha tempatnya aja gede banget! Di situ tuh ya, kalo dihitung ada kali sekitar 20 restoran. Dengan "anggota terbanyak" restoran seafood.
Pokoknya buat yang pengen buka puasa menyantap bermacam-macam hidangan khas laut, tinggal pilih aja mau makan di resto Bangkok 69, Sari 21, atau Sari Laut Ujung Pandang.
Cuma seharga 10.000 per makanan, dijamin lidah bisa langsung bergoyang.
Buat yang nggak doyan seafood, tenang aja. Di sini juga ada kok kedai Bakmi Naga. Atau kalo mau makan steak, ke Rosewood Cafe dan DJ's Steak aja. Dua tempat ini abis-abisan nyediain berbagai macam jenis steak. Murah lagi, cuma sekitar 20.000 sampe 30.000 gitu deh. Asik kan?

WISMA GADING PERMAI (APARTEMEN)
Lokasi: Pelataran parkir Wisma Gading Permai, Jl. Kelapa Gading Boulevard, dari arah Pulo Mas ada di sebelah kanan
Menu andalan: Semua makanan ada!
Budget: 30.000 perak dijamin "merem"

Masih di kawasan Kelapa Gading, masih ada satu tempat lagi yang kudu didatengin buat ngisi perut sehabis buka puasa. Letaknya nggak jauh kok dari Mal Kelapa Gading. Jenis makanan yang dijual di sini juga masih mirip dengan yang di Gading Food City, masih "dikuasai" seafood! Tapi jajanan di sini harganya bener-bener bersaing ketat.

Resto seafood di sini per makanan harganya rata-rata nggak nyampe 10.000 perak. Padahal yang jualan lebih berani bereksperimen. Kalo nggak percaya lo coba aja di masuk ke resto Kuotie 88, Seafood Sedap, atau Ratu Kepiting.

Jenis makanan lain yang beken di sini adalah makanan lokal. Kayak buburayam, mie ayam, nasi liwet, lontong cap gomeh, sampe es campur dan esteler.

Soal harga, sama aja kayak seafood, kurang dari ceban setiap jenis makanan!

NASI KAPAU SENEN
Lokasi: Jl. Kramat Raya, dari arah Gunung Sahari ke Salemba ada disebelah kanan. Letaknya nggak jauh dari perempatan Senen
Menu andalan: Nasi kapau, lemang tape
Budget: 20.000 udah dapet semuanya

Pernah makan nasi padang? Nah, nasi kapau tuh sebenernya sama dengan nasi padang, sama-sama masakan padang! Hehehe.... Cuma bedanya, di sini lebih banyak makanan yang berkuah. Dan yang jadi menu andalan namanya gule kikil.

Soal harga nggak usah dipusingin, semua tergantung sama banyak lauk yang kita makan. Yang paling murah cuma 5000 perak per porsi, tapi kalo mau yang porsinya lengkap banget bisa sampe 17.000 perak sih.

Eits, masih ada satu lagi menu nadalan dari warung-warung di sini:
lemang tape! Enak banget tuh buat makanan pembuka. Rasanya segar kayak abis minum minuman bersoda gitu di tenggorokan. Hehehe....

KAFE TENDA BALAI PUSTAKA
Lokasi: Jl. Balai Pustaka Timur, dari arah Jl. Pramuka ke Jl. Pemuda, lampu merah kedua belok kanan
Menu andalan: Martabak favorit khas Bandung
Budget: 20.000 - 30.000 perak impas sama yang diterima

Buat yang jarang menyentuh daerah ini mungkin belum banyak tau kalo di daerah Rawamangun tuh ada banyak banget tempat makan. Salah satunya yang paling sohor ya tempat ini. Hampir semua jenis makanan ada, jack, disini.

Makanan ringan macam roti bakar ada, yang berat apalagi! Trus, makanan luar macam japanese food ada, yang tradisional kayak sate padang dan batagor juga ada.

Tapi, dari semua makanan yang udah disebutin tadi, ada satu makanan yang jadi andalan di jalan ini. Apalagi kalo bukan Martabak Favorit khas Bandung.

Pelanggannya aja datang dari semua penjuru Jakarta lho! Selain rasanyadahsyat, harganya juga nggak mahal-mahal amat kok. Berkisar antara 19.000-25.000 aja per porsi. Apalagi rasanya bisa dipilih atau di-mix sesuai selera. Mau rasa coklat, keju, sampe wijen.

SEAFOOD, NASI GORENG, & BAKSO BLOK S
Lokasi : Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Menu andalan : Seafood, nasi goreng, pecel ayam, pecel lele, bakso bola tenis, es podeng, somay
Budget : 20.000 perak puas banget... banget!

Di sepanjang Jl. Senopati hingga ke Jl. Suryo (arah Mampang), Kebayoran Baru, tuh ada 3 jalan yang jadi lokasi tempat jajanan favorit. Dan masing-masing tempat jajanan punya spesialisasi sendiri.

Warung Kali Unggul di Jl. Rajasa bisa jadi pilihan penggemar seafood.

Warung Bakti dan Lalan di Jl. Bakti pas banget buat nyari nasi goreng dengan menu variatif. Trus, Warung Adi yang masakan pecel ayam dan pecel lele-nya top abis. Tapi yang paling komplit tentu aja di Jl. Birah (di seputaran lapangan bola Blok S). Mulai dari sate, bakso, mie bangka, somay, chinese food, jus aneka buah, sampe es podeng semua ada!

Hmm... kalo bisa sih semua tempat dicoba tuh. Soalnya semuanya enak!
Lagian, harganya terjangkau kok. Buat nyobain satu jenis makanan apa aja, nggak sampe 10.000 perak, itu juga udah plus minum.

AYAM GHANTARI & GULTIK
Lokasi : Persimpangan Jl. Bulungan & Jl. Mahakam
Menu andalan : Ayam bakar, gule sapi
Budget : Minimal 10.000 lah....

Dari tahun ke tahun setiap bulan puasa, menjelang jam beduk Maghrib lokasi ini pasti macet. Biang keroknya ya warung Ayam Bakar Ghantari itu! Ayam bakarnya emang top abis, jack. Udah gitu harganya pas banget lagi buat kantong kita. Nyobain satu ayam bakar plus nasi dan minum, cukup 10.000 perak aja. Makanya nggak heran kalo pengunjungnya sampe pada berebutan tempat!

Gimana kalo duit cekak? Ya nggak usah ke Ayam Bakar Ghantari! Ke sampingnya aja, penjual gule sapi. Dijamin deh, harganya lebih bersahabat. Lha seporsi cuma 3000 perak!

KAMPUNG TENDA SEMANGGI
Lokasi : Sudirman Central Business District (SCBD)
Menu andalan : Masakan Jawa, Sunda, sampe Eropa
Budget : 50.000-an kali yee....

Di sini nggak perlu bingung nyari tempat jajan. Soalnya Kampung Tenda Semanggi (KTS) emang sengaja diciptakan buat "tempat berkumpulnya" berbagai kafe dan resto. Satu kelebihan nih tempat, suasananya comfy banget! Kalo bosen makan di dalam ruangan, bisa ke outdoor. Pokoknya enak buat kongkow, enak juga buat buka puasa berduaan sama pacar.

Kafe atau restoran yang ada di sini semuanya juga oke, tergantung jenis makanan kayak gimana yang pengen dipilih. Kalo pengen makanan Jawa ada Wong Solo, buat makanan Sunda tempatnya ada di Dapur Sunda, sedangkan yang pilihannya lebih macem-macem ada di Dixie atau Comedy Cafe. Nggak perlu kuatir soal harga, rata-rata di semua cafe makanannya berkisar antara 15.000 sampe 30.000 aja kok.

KAFE TENDA MENTENG
Lokasi : Jl. HOS Cokroaminoto (Depan Keris Gallery Menteng)
Menu andalan : Masakan Jawa, Sunda, sampe Eropa
Budget : Stadar 20.000, kalo mau "gila-gilaan" 50.000 lah

Awal tahun 90-an nih tempat beken sebagai tempat balapan liar, tapi sekarang nih tempat jadi tempata jajanan komplit nan terjangkau. Mau sekadar ngotor-ngotorin mulut, ada kedai Celap Celup dan sejenisnya (harganya cuma 2.500 perak per tusuk). Atau mau makan makanan berat
alias yang bikin kenyang?

Wuaah... banyak! Mulai nasi gila (semacam nasi rames), nasi goreng, sate ayam/kambing, bubur ayam, ikan/ayam bakar, siomay, bakso, sampai nasi uduk, komplit. Harganya juga rata-rata standar, antara 8.000 sampe 13.000-an per makanan! (itu udah termasuk minum lho).

Buat makanan pembuka pas adzan Maghrib, biasanya gorengan dan jus aneka buah yang diserbu. Ini lebih murah lagu, jack. Gorengan harganya cuma 300 perak, sementara jus yang disajikan dalam gelas gede cuma 6.000-an!

NASI GORENG LOMBOK
Lokasi : Jl. Jusuf Adiwinata, Menteng
Menu andalan : Gohyong
Budget : 15.000 udah mentok tuh

Nggak ada yang paling ngetop di lokasi ini kalo bukan Warung Gaul Lombok Ujung. Dengan menu andalan bernama gohyong, nih warung terkenal seantero Jakarta. Apaan tuh? Gohyong itu ayam goreng lapis tepung yang dihidangkan dengan saus khusus, jack. Paling enak dimakan sama nasi goreng atau nasi putih.

Selain gohyong ada dua lagi menu andalan nih tempat, Ayam Malaya (bentuknya beda-beda tipis deh sama gohyong) dan nasi gaul. Nah, nasi gaul ini nggak jauh beda sama nasi gila, cuma bedanya nasinya digoreng dulu sebelum ditumpahin lauk pauk.

Masalah harga, ringan abis! Rata-rata makanan dibuka dengan harga 5.000 sampe 10.000 perak doang tuh....

NASI GORENG KAMBING KEBON SIRIH
Lokasi : Jl. Kebon Sirih
Menu andalan : Nasi goreng kambing
Budget : 15.000 udah sama uang parkir!

Nggak ada yang nggak tau nama tempat makan yang satu ini. Jadi, lo jangan ngaku anak Jakarta kalo nggak tau Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih. Nih nasi goreng rasanya unik banget karen digorengnya pake minyak samin! Pas makan jangan lupa makan acarnya, soalnya nih acar bikin rasa tuh nasi goreng makin....

Sebenarnya nasi goreng kambing satu ini nggak beda jauh sama nasi goreng kambing khas Jakarta lainnya. Yang bikin beda mungkin suasananya yang asik buat memadukan obrolan sama makanan. Mau kongko sampe sahur, nggak masalah!

Harganya? Masih terjangkau kantong pastinya. Sepiring nasi goreng kambing cuma 11.000 perak, siapin 2000 perak lagi udah plus teh kemasan botol.

Ayam Bakar SOGO (RM SARI RASA)
Lokasi: Jl Inspeksi Kalimalang Blok E No 28 Jakarta Timur.
Menu Andalan: Siomay, ayam bakar.
Budget: 10.000 aja udah "susah bangun"

Sumpah, tempat makan ini nggak ada hubungannya sama pertokoan Sogo! Sogo yang satu ini sebenrnya singkatan dari Siomay Gopek. Udah ngetop sejak awal tahun 90-an, menurut sejarahnya tempat jajanan yang sebenernya bernama Sari Rasa ini di masa itu sempet menjual seporsi somay dengan harga 500 perak doang!

Sekarang sih jelas nggak segitu lagi harganya. Pasalnya tempatnya aja udah berubah lebih nyaman, dari sekadar bedeng jadi beneran restoran.

Tapi tenang aja, brur.... harga jualnya tetap masih "nyangkut" di kantong kita kok. Seporsi siomay lengkap cuma 3500 perak!

Eits, tunggu dulu! Selain siomay, masih banyak makanan enak lain semisal ayam bakar yang cuma 5.500 perak. Itu juga udah plus nasi lho! Jadi, kalo keuangan terbatas tapi pengen makan kenyang, buka puasa di sini pasti puas!

LOKANANTA RESTO TERAS
Lokasi: Seputaran Panglima Polim, Blok M
Menu andalan: Ayam goreng kalasan, bebek panggang.
Budget: Yaah... kira-kira 10.000 sampe 25.000 deh.

Tepatnya ada di seberang jalan Melawai. Jajanannya banyak banget, dari kelas ringan sampe kelas berat! Menu yang ditawarin mulai aneka jus buah, roti bakar, pempek, sampe ayam goreng kalasan (ini yang paling khas). Harganya juga nggak mahal-mahal amat kok, mulai dari 4.500 sampe 20.000 perak aja!

Nih tempat cocok dipilih kalo mau buka puasa bareng temen-temen. Kalo mau buka puasa berduaan pacar? Mmm, kok agak kurang ya?! Hehehe....

Mending putar haluan dikit ke Lokananta, kafe teras yang letaknya persis di samping rumah sakit Asih. Selain suasannya lebih romantis, Lokananta juga nyediain paket khusus all you can eat, 25.000 per pack, dengan menu campuran ala eropa dan timur.

KAFE TENDA RADIO DALAM
Lokasi: Jl. Radio Dalam
Menu andalan: Nasi gila, bubur ayam spesial
Budget: 20.000 perak kenyang banget!

Ini daerah bener-bener surga makanan, jack! Dari ujung ke ujung banyakbanget tenda pinggir jalan dan rumah makan. Menu yang ditawarin jugamacem-macem. Ada pempek, sea food, bakmi, makanan Jepang, bubur ayam, roti bakar, nasi goreng, sate padang... wuaah, pokoknya lengkap! Asal punya lambung besar dan kuat jalan kaki aja. Soalnya, tuhmakanan-makanan nggak dijual di satu tempat, masing-masing tenda punya jualan satu menu andalan.

Buat yang punya lambung besar tapi males jalan kaki, mending nongkrong di tenda yang letaknya persis di samping masjid radio dalam. Cari aja yang spanduknya warna merah menyala dan punya lahan parkir yang luas. Di situ ada bubur ayam spesial dan nasi gila yang harganya cuma berkisar antara 6.000 sampe 8.000 perak!

ROTI BAKAR WIWID
Lokasi: Jl. Fatmawati Raya
Menu andalan: Roti bakar, pisang bakar
Budget: 10.000 cukup banget buat ganjel perut.

Nggak pengen langsung makan berat? Ke sini aja. Dari namanya juga udah ketauan kan kalo menu andalanya pasti roti bakar dengan berbagai rasa?

Kalopun lagi nggak pengen makan roti bakar, masih ada menu lain kok.

Kayak pisang bakar (pisang bakar cokelat kejunya paling mantap!), Indomie telor kornet, atau bubur ayam. Atau kalo makan berat jenis lain, ya tinggal pindah lokasi aja ke tenda tetangganya. Dari pecel lele sampe sate, ada.

Ada dua kelebihan berbuka puasa di roti bakar wiwid yang bisa jadi pertimbangan penting. Satu harganya murah (roti bakar cuma 4.000 perak, sementara pisang bakar cuma 5.000 perak!). Dua, cewek-cewek yang dateng ke sini cakep-cakep, jack! Apalagi kalo pas malem Minggu, wuaah... mata

seger banget! Hehehe....

NASI KUCING PONDOK BAMBU
Lokasi: Depan SMP Santa Ana, Jl. Laut Arafura, Pondok Bambu
Menu andalan: Nasi kucing, aneka jenis sate, susu jahe
Budget: 7.500 udah asoy!

Nasi kucing? Maksudnya nasi yang lauknya terbuat dari daging kucing?
Ooo, bukan! Nasi kucing itu nasi yang disajikan mirip nasi jatah makan kucing. Hehehe.... Maklum, makanan yang berasal dari Jawa Tengah ini menunya cuma seporsi kecil nasi putih dengan lauk sepotong ikan asin, plus sambel bawang.

Tapi jangan salah. Biar lauknya minimalis, rasanya tetap dahsyat!

Apalagi kalo pas makan ditambah dengan aneka jenis sate (ada sate usus, sate paru, dan sate kerang) yang harga per tusuknya cuma 100 perak! Pokoknya buat cowok normal standarnya sih 3 porsi nasi kucing sekali makan (satu porsi harganya 1.500 perak).

Eh iya, pas adzan Maghrib, sebelum melahap nasi kucing, kita bisa berbuka dulu dengan minuman ringan, namanya susu jahe. Kayak apa bentuknya, cobain aja!

NASI UDUK "PUAS"
Lokasi: Jl. Panjang Kebon Jeruk
Menu andalan: Nasi uduk, ayam goreng, empal goreng, udang goreng
Budget: 20.000 dijamin kenyang!

Kalo lo penggemar nasi uduk, lo harus berbuka puasa di sini. Soalnya, nasi uduk yang pusatnya ada di Jl. Kebon Kacang ini beda dari nasi uduk lain. Selain nasinya lebih pulen dan berasa, lauknya juga lebih mantap.

Ada ayam goreng, empal goreng, dan yang paling pesial: udang goreng(gila!tuh udang ukurannya bener-bener segede gaban, man!). Makan di sini makin enak lantaran harganya murah banget. Nasi uduknya aja cuma 2.000 perak, trus tiap lauknya cuma berkisar antara 5.000 sampe 10.000 doang.

Soal pencuci mulut pas bedug, di sini nggak ada kolak-kolakan. Ada juga yang seger-seger sebangsa es kelapa muda, es jeruk, dan aneka jus buah.

Pokoknya tenggorokan nggak bakal seret, kantong juga nggak jadi seret!!!Hehehe....

PEMPEK "WARUNG ATAS"
Lokasi : Mal Puri Agung Cengkareng
Menu Andalah : Masakan Khas Palembang
Budget : 10.000 dah makan dan minum

Tempatnya asyik punya coy...... dilantai atap mal puri agung cengkareng lebih deket kelangit 10 meter, aman, nyaman suasananya cocok tuk acara apa aja, dari cuma kongkow-kongkow sampe bikin event yang gedean.

Selain pempek juga disini nyediain Pindang khas palembang dan sambal duren yang biasa disebut TEMPOYAK.

kenyang makan bisa nerusin main PS 1 dan PS 2.

ROTI BAKAR EDI
Lokasi: Jl. Raden Patah Kebayoran Baru (belakang Al-Azhar Pusat)
Menu andalan: Roti bakar
Budget: Dengan duit 20.000 perak kenyangnya udah pol!

Roti bakar satu ini barangkali yang paling tua di Jakarta. Abis, nih tempat udah ngetop dari tahun 80-an, dan sampe sekarang tetap aja rame!

Abis, selain menunya asik (roti bakar berbagai rasa cuma 5.000 sampe 7.000 perak!), suasananya juga cocok banget buat kongko-kongko sambil beribadah.

Nih warung kan letaknya pas di belakangan Mesjid Al Azhar. Jadi kelar ngebatalin puasa, kita bisa langsung sholat Maghrib atawa nerusin tarawih di sana (pssstt, kalo bulan puasa banyak cewek cakep yang sholat di lho! hehehe....)

Selain roti bakar, Edi juga jualan makanan berat. Kayak nasi goreng, bubur ayam (5000), siomay, dan Indomie telor kornet. Harganya tetap sama, berkisar antara 5.000 sampe 7.000 perak doang.

KAFE PISANG
Lokasi: Jl. R. C. Veteran Bintaro Kav. 8 Jakarta Selatan (setelah LIA Bintaro kalo dari arah Deplu dan Bintaro Jaya)
Menu andalan: Ayam klojotan, mocca coffee
Budget: Antara 20.000 sampe 50.000 dah!

Ini tempat dahsyat punya, jack! Dari luar bentuknya kafe, dalemnya justru kayak food court. Udah gitu di pelatara parkirnya banyak warung tenda kayak pasar kaget, yang ngejual berbagai makanan kayak pecel lele, soto Betawi, sampe steak murah!

Buat buka puasa, selain ada makanan khas berbuka puasa, kafe yang dulunya bekas factory outlet ini punya menu spesial: mocca coffe dan ayam klojotan, hehehe....

Ayam klojotan??? Tenang brur! Ayam klojotan tuh bukan ayam yang baru disembelih trus dimakan. Tapi sayap ayam yang disajikan secara fillet(potongan-potongan tipis) dengan bumbu asam manis! Harganya sekitar 15.000-an per porsi, sedang mocca coffe-nya cuma 9.000 perak.

Nggak kemahalan dong?

SEKTOR IX BINTARO JAYA
Lokasi: Di Belakang Mc Donalds Bintaro Jaya Sektor IX
Menu andalan: Nasi uduk plus ayam goreng di Nasi Uduk Pak Djon, chicken picata di Warung Pringga
Budget: 20.000 perak, nendang banget, jack!

Daerah ini juga termasuk daerah jajanan lama, mulai ngetop dari awal tahun 90-an! Tapi, setiap bulan puasa datang, warung-warung jajanan di sini pasti tambah rame, jack. Udah gitu menu-menu yang ditawarin juga makin banyak macemnya.

Toh yang paling diakui kelezatannya tetap Nasi Uduk Pak Djon dan Warung Pringga. Kalo yang satu adalah nasi uduk khas betawi, yang satu lagi adalah warung masakan Jepang murah meriah.

Sekadar tambahan info nih, Nasi Uduk Pak Djon bisa dibilang warung yang paling cepet tutup. Soalnya nasi uduk plus ayam goreng andalannya yang berbandrol 5.000 perak doang itu gampang banget sold out (tiket kali!).

Sementara Warung Pringga yang terkenal dengan chicken picata-nya(harganya 12.000 doang lho!) menyusul tutup beberapa jam kemudian!

1 Komentar:

Alfia WD on 8 Maret 2014 14.14 mengatakan...

Parisian pizza alamat lengkapnya dimana ya?

Poskan Komentar

MY OTHERS BLOG

CHAT ROOM

SAHABAT WISATA

Copyright © 2008-2013 AYO BERWISATA Site | Powered by Blogger | Designed by Subhan Apriyatna